Selasa, 03 April 2012

makalah Model konsep Florence Nightingale


KATA PENGANTAR
                       
            Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan penulisan makalah yang berjudul  “ Model Konsep dan Teori Keperawatan Menurut Florence Naightingale” tepat pada waktunya.Dalam penulisan makalah ini penulis ingin mengucapkan terima kasih.              Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna,untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun.Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan siapa saja yang membacanya.


Palembang,   Maret 2010

                                                                                                                                      Penulis

                                          DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL................................................................................................ i
KATA PENGANTAR.............................................................................................. ii
DAFTAR ISI............................................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN
a.       Latar Belakang..........................................................................................

BAB II PEMBAHASAN
a.       Model Konsep dan Teori Keperawatan Florence Nightingale (Teori Nighitingale)  

BAB III PENUTUP
a.       Kesimpulan................................................................................................

DAFTAR PUSTAKA



BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Konsep Keperawatan merupakan ide untuk menyusun suatu kerangka konseptual atau model keperawatan.Teori keperawatan digunakan untuk menyusun suatu model konsep dalam keperawatan sehingga model keperawatan ini mengadung arti aplikasi dari struktur keperawatan itu sendiri yang memungkinkan perawat untuk menerapkan cara mereka bekerja dalam batas kewenangan sebagai perawat.
Pandangan model konsep dan teori ini merupakan gambaran dari bentuk pelayanan keperawatan yang akan diberikan dalam memenuhi kebutuhan dasar manusi berdasarkan tindakan dan lingkup pekerjaan dengan arah yang jelas dalam pelayanan keperawatan.Dalam keperawatan terdapat beberapa model konsep keperawaratan berdasarkan pandangan ahli dalam bidang keperawatan,yang memiliki keyakinan,dan nilai yang mendasarinya,tujuan yang hendak dicapai serta pengetahuan dan keterampilan yang ada.dan salah satunya adalah “Model Konsep Dan Teori Keperawatan Florence Naigtingale”.





BAB II
PEMBAHASAN

2.1  Model Konsep Dan Teori Keperawatan Florence Nightingale (Teori Nightingale).
Model konsep Florence Nightingale memposisikan lingkungan adalah sebagai focus asuhan keperawatan,dan perawat tidak perlu memahami seluruh proses penyakit model konsep ini dalam upaya memisahkan antara profesi keperawatan dan kedokteran.Orientasi pemberian asuhan keperawatan /tindakan keperawatan lebih diorientasikan pada pemberian udara,lampu,kenyamanan lingkungan,kebersihan,ketenangan,dan nutrisi yang adequate,dengan dimulai dari pengumpulan data dibandingkan dengan tindakan pengobatan semata,upaya teori tersebut dalam rangka perawat mampu menjalankan praktik keperawatan mandiri tanpa tergantung dengan profesi lain.
Model konsep ini memberikan inspinisi dalam perkembangan praktik keperawatan,sehingga akhirnya dikembangkan secara luas,paradigm perawat dalm tindakan keperawatan hanya memberikan kebersihan lingkungan adalah kurang benar,akan tetapi lingkungan dapat mempengarui proses perawatan pada pasien,sehingga perlu diperhatikan.
Inti konsep Florence Nightingale,pasien dipandang dalam kontek lingkungan secara keseluruhan,terdiri dari lingkungan fisik,lingkungan psiklologis dan lingkungan social.
1.      Lingkungan fisik(physical environment)
Merupakan lingkungan dasar/alami yang berhubungan dengan ventilasi dan udara.Faktor tersebut mempunyai efek terhadap lingkungan fisik yang bersih yang selau akan mempengaruhi pasien dimanapun dia berada didalam runagan harus bebas dari debu,asap.bau-bauan.

2.      Lingkungan psikologi (psychology environment)
Florence Nightingale melihat bahwa kondisi lingkungan yang negative dapat menyebabkan stress fisik dan berpengaruh buruk terhadap emosi pasien.Oleh karena itu ditekankan kepada pasien menjaga rangsangan fisiknya.Mendapatkan sinar matahari,makanan yang cukup dan aktivitas manual dapat merangsang semua factor untuk dapat mempertahankan emosinya.
3.      Lingkungan Sosial (social environment)
Observasi dari lingkungan social terutama hubungan spesifik,kumpulan data-data yang spesifik dihubungkan dengan keadaan penyakit,sangat penting utnuk pencegahan penyakit.Dengan demikian setiap perawat harus menggunakan kemampuan observasi dalam hubungan dengan kasus- kasus secara spesifik lebih sekadar data- data yang ditiunjukan pasien pada umumnya.

Hubungan Teori Florence Nightingale dengan beberapa konsep
1.      Hubungan teori Florence Nightingale dengan konsep keperawatan
a.       Individu/manusia
Memiliki kemampuan besar untuk memperbaiki kondisinya dalam menghadapi penyakit.
b.      Keperawatan
Bertujuan membawa/mengantar individu pada kondisi terbaik untuk dapat melakukan kegiatan melalui upaya dasar untuk mempengaruhi lingkungan.
c.       Sehat/sakit
Fokus perbaikan untuk sehat
d.      Masyarakat/lingkungan
Melibatkan kondisi eksternal yang mempengaruhi kehidupan dan perkembangan individu,focus pada ventilasi,suhu,bau,suara dan cahaya.
2.      Hubungan Florence Nightingale dengan proses keperawatan
a.       Pengakjian/pengumpulan data
Data pengkajian Florence Nighitngale lebih menitiberatkan pada kondisi lingkungan(lingkungan fisik,psikhis,social)
b.      Analisa data
Data dikelompokan berdasarkan lingkungan fisik,social dan mental yang berakaitan engan kondisi klien yang berhubungan dengan lingkungan keseluruhan.
c.       Masalah
Difokuskan pada hubungan individu dengan lingkungannya
d.      Diagnosa Keperawatan
Berbagai masalah klien yang berhungan dengan lingkungannya, misalnya
-          Faktor lingkungan yang berpengaruh terhadap efektivitas asuhan.
-          Penyesuaian terhadap lingkungan
e.       Implementasi
Upaya dasar merubah mempengaruhi lingkungan yang memungkinkan terciptanya kondisi lingkungan yang baik yang mempengaruhi kehidupan pertumbuhan fisik dan perkembangan individu.
f.       Evaluasi
Mengobservasi dampak perubahan lingkungan terhadap kesehatan individu.
             



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Florence Nightingale “Ibu dari keperawatan modern” merupakan salah satu pendiri yang meletakan dasar-dasar teoti keperawatan yang melalui model konsep dan teori keperawatan yaitu dengan mengidentifikasi peran perawat menemukan kebutuhan dasar manusia pada klien serta pentingnya pengaruh lingkungan di dalam perawatan orang yang sakit yang dikenal dengan teori lingkunganya.
Selain itu Florence Nightingale juga membuat standar pada pendidikan keperawatan serta standar pelaksanaan asuhan keperawatan yang efesien.




DAFTAR PUSTAKA

Situs Web :









makalah Model konsep Florence Nightingale 












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar